Gerakan Memulangkan Prasasti Pucangan


Prasasti Pucangan adalah sebuah prasasti peninggalan Raja Airlangga, yang berangka tahun 963 Saka atau 1042 Masehi. Prasasti ini menjelaskan silsilah keluarga Raja Airlangga secara berurutan dan peristiwa penting yang terjadi di Watan (Madiun) hingga ke timur Watan Mas (Penanggungan, Mojokerto).


Dinamakan Prasasti Pucangan karena berdasarkan kata "Pucangan", yang ditemukan pada prasasti tersebut dan prasasti ini sekaligus menceritakan adanya perintah membangun pertapaan di Pucangan, sebuah tempat di sekitar Gunung Penanggungan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.


Prasasti Pucangan terdiri dari dua prasasti berbeda yang dipahat pada sebuah batu. Di sisi depan menggunakan bahasa Jawa Kuno dan di sisi belakang menggunakan bahasa Sanskerta.

Kini prasasti tersebut berada di museum Calcutta, India. Kondisinya memprihatinkan, ditempatkan tidak sebagaimana mestinya sebagai benda bersejarah yang penting. Prasasti Pucangan yang karena terletak di Calcutta, maka prasasti ini disebut Prasasti Calcutta.


Awalnya prasasti ini diketemukan oleh Thomas S. Raffles ketika pemerintah Inggris berkuasa di Hindia Belanda (1811-1816). Kemudian prasasti Pucangan dibawa ke Batavia, lalu diserahkan ke penguasa Inggris di Asia, Lord Minto, yang berkedudukan di Calcutta, India. Karena itulah prasasti Pucangan dibawa ke Calcutta, India. Selanjutnya prasasti Pucangan disebut Calcutta Stone atau Prasasti Calcutta.

Sudah lebih dari 200 tahun prasasti asal Penanggungan, Jawa Timur ini berada di Calcutta. Kondisinya memprihatinkan. Posisinya berada di gudang, bukan didisplay sebagaimana mestinya barang yang berharga dan bersejarah.

Melihat pentingnya prasasti ini buat Jawa Timur dan menimbang kondisinya yang mengenaskan di Calcutta, maka harus ada sikap dari beragam elemen terkait, yang masih peduli terhadap sejarah dan peradaban Jawa Timur. Yakni memulangkan prasasti Pucangan ke Jawa Timur.

Kopas dari Nanang Purwono

Btw btw..

Btw semua bilang ini dr gunung penanggungan. Sdgkan gunung pucangan dengan lokasi pertapaan keramat ini malah ada di jombang.
Sbnrnya, prasasti ini darimana?????

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/struktur-kuno-desa-cupak-kabupaten-jombang/


nah, kalau ini bener memang harus pulang. karena penyimpanannya gak layak. gimana cara memulangkannya ya???

0 komentar:

Posting Komentar